Tuesday, January 22, 2013

Major Arcana

Arkana Mayor


Major Arcana dalam pembacaan Tarot adalah kartu truf dalam deck tarot, artinya, dalam analogi kartu remi, nilainya lebih tinggi dibanding kartu lainnya.
Kartu yang menyusun major arcana, menjadi perlambang tentang peristiwa / kejadian atau keadaan yang mempengaruhi hidup penanya (yang dibacakan tarot) secara signifikan

Major Arcana (http://taroticallyspeaking.wordpress.com)

Setiap kartu dinamai dan diberi penomoran romawi dan berilustrasi lengkap. Terdapat gambaran wajah manusia atau perlambang lain yang mewakili karakter.  Semua deck tarot terlepas dari jenisnya memiliki major arcana dengan ciri demikian.
Berikut daftar jenis kartu dalam Major Arcana

Number Name
None (0 or 22) The Fool
1 The Magician
2 The High Priestess
3 The Empress
4 The Emperor
5 The Hierophant
6 The Lovers
7 The Chariot
8 Strength
9 The Hermit
10 Wheel of Fortune
11 Justice
12 The Hanged Man
13 Death
14 Temperance
15 The Devil
16 The Tower
17 The Star
18 The Moon
19 The Sun
20 Judgement
21 The World


Untuk bisa mengartikan kartu tersebut, seorang pembaca perlu mengerti apa arti tiap kartu tersebut, baik aspek positif maupun negatifnya. Taruhlah sebagai contoh kartu Devil XV.



Devil di sini tidak semata berarti ada pengaruh setan dalam pembacaan tarot. Di sini angka XV dan Devil sendiri menjadi perlambang untuk zodiak Capricorn.
Pada satu sisi, ia melambangkan sifat iblis dalam diri manusia yang berisi ketamakan, obsesi, dan ambisi buta.
Tapi bisa dilihat pula di penggambarannya, manusia yang dirantai di sana tidaklah terkekang, sebetulnya ada peluang untuk bisa membebaskan diri, namun ia terlena dan tetap berada di samping figur setan yang membelenggunya.
Itulah sisi lain tentang kartu ini, bila didampingi dengan kartu baik, bisa pula berarti anjuran untuk tidak lagi terbelenggu. Bebas bertindak dan membentuk nasibnya sendiri.


Arkana Mayor ini melambangkan tahapan hidup manusia, dari proses kelahiran, pembelajaran, dewasa hingga kematian. Ia melambangkan peristiwa yang berdampak besar dalam hidup seseorang, karenanya dalam pembacaan, keberadaan arkana mayor memiliki signifikasi di atas arkana minor.


No comments:

Post a Comment